Warga Desa Aeng Baja Kenek, Lestarikan Rokat Desa

by

NadaFM, Sumenep — Memasuki tahun baru Islam 1445 Hijriyah dan menyambut hari Asyuro banyak masyarakat melakukan kegiatan rokatan seperti halnya di Kampung Pancor Dusun Aengbaja Kenek, Kampung Timur Leke Dusun Jasaan dan Kampung Daja Lorong Dusun Cangkarman di Desa Aengbaja Kenek Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur.

Pengasuh pondok pesantren Nurul Hidayah Desa Aengbaja kenek Kyai Abd Wahid Mu’in dalam acara rokat kampong menyampaikan, jika tujuan dari rokat kampong (dusun) ini  agar diberikan keselamatan, kesejahteraan dan ketentraman diwilayah kampung Pancor dan sekitarnya.

Semoga dengan ridho Allah seluruh lingkungan semuanya diberikan keselamatan, kesejahteraan dan ketentraman, serta memperoleh syafaat dari Nabi Muhammad dan barokah serta karomah para Wali Allah terutama para leluhur.

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan bersama oleh masyarakat secara gotong royong. Diantara rangkaan acaranya  diisi dengan pembacaan surat yasin, tahlil dan do’a bersama.

Rokatan atau rokat berasal dari bahasa madura yang artinya merawat atau menjaga dengan cara bermohon kepada Allah SWT. Dengan harapan selama satu tahun kedepan bisa diberikan keselamatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.