Tanaman Pisang di Desa Jadung Diduga Diserang Hama Virus Misterius, Petani Merugi

by

NadaFM, Sumenep — Petani pisang di Desa Jaddung, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, merasa resah karena buah pisang mereka yang masuk musim panen rusak. Para petani berharap agar Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Sumenep dapat membantu mengatasi serangan hama virus yang meresahkan ini.

 

Buah pisang di daerah tersebut rusak diduga karena mengalami serangan hama virus yang belum pernah terjadi sebelumnya. Para petani belum tahu hama virus apa yang menyerang pisang.

 

Sebelumnya, buah pisang tumbuh dengan normal dan tidak ada masalah. Namun, saat ini, meskipun kulit pisang terlihat normal dengan warna biru, saat dikupas isinya berwarna kehitaman dan rusak hingga membusuk. Dampaknya, para petani tidak dapat menjual buah pisang tersebut. Mereka pun mengalami kerugian yang cukup besar.

 

Saat ini, para petani merasa pasrah karena mereka tidak mengetahui cara mengatasi serangan hama virus yang tidak dikenali tersebut. Sebelumnya, para petani dapat menjual buah pisang dengan harga antara 75 ribu rupiah hingga 150 ribu rupiah per tandan. Namun, saat ini mereka terpaksa harus menerima kenyataan pahit bahwa mereka tidak dapat menikmati musim panen pisang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.