Pulau Kangean Sumenep Digerujuk D-A-K Perbaikan Jalan 7 Miliar

by

SUMENEP — Pertama kalinya Pulau Kangean Sumenep digerujuk Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk perbaikan jalan sebesar 7 miliar. Biasanya, DAK tidak dialokasikan untuk kawasan kepulauan.

 

Dengan langkah tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menepis tudingan telah ‘menganaktirikan’ kepulauan untuk pembangunan infrastruktur.

 

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Sumenep, Agus Adi Hidayat mengatakan, tahun ini prosentase anggaran infrastruktur justru 60-40. 60 persen untuk kepulauan, dan 40 persen daratan.

 

Pernyataan tersebut menjawab protes Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Kangean Sumenep (IMKS) berunjukrasa ke kantor Bupati Sumenep, Selasa siang. Para mahasiswa menilai, selama ini kepulauan dianaktirikan dan hanya diberi janji-janji politik tentang perbaikan infrastruktur.

 

Agus menambahkan, pihaknya juga berusaha agar bisa menarik anggaran dari Kementerian ke Sumenep. Ini semata untuk meminimkan disparitas kepulauan dan daratan. Upaya tersebut membawa hasil, setidaknya untuk dana alokasi khusus (DAK) tahun 2023 mulai digelontorkan ke kepulauan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.