MK Putuskan Pemilu Sistem Terbuka, PDIP Sumenep Konsisten Target 12 Kursi

by

NadaFM, Sumenep — Mahkamah Konstitusi (MK) RI akhirnya menetapkan, bahwa sistem Pemilihan Umum (Pemilu) tetap akan dilakukan secara terbuka di tahun 2024 mendatang. Merespon hal tersebut, Pimpinan DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sumenep mengaku, pihaknya akan patuh dan tetap mengacu pada putusan MK, karena dinilai adalah keputusan tertinggi.

Kendati demikian, Zainal menegaskan, baik dilakukan dengan sistem Pemilu terbuka atau tertutup, pihaknya tetap konsisten untuk menargetkan 12 kursi legislatif pada Pemilu 2024.

Seperti diberitakan sebelumnya, beberapa pihak diketahui membuat permohonan untuk menggugat pasal, yang mengatur pemungutan suara dilakukan proporsional terbuka atau sistem coblos calon anggota legislatif (caleg).

Mereka menginginkan, sistem coblos partai atau proporsional tertutup yang diterapkan pada Pemilu 2024 mendatang. Namun, MK memutuskan untuk menolak permohonan uji materi sistem Pemilu sebagaimana yang diajukan oleh para pemohon, dengan keputusan yang tertuang dalam perkara Nomor 114/PUU-XIX/2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.