Meski Harga Kambing Mahal, Permintaan Hewan Kurban di Sumenep Tetap Tinggi

by

NadaFM, Sumenep — Memasuki Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah, meski harga hewan kurban di Kabupaten Sumenep meroket, namun permintaan dari konsumen diketahui tetap tinggi jika dibandingkan tahun sebelumnya. Hal itu diungkapkan oleh salah seorang penjual hewan kurban Uzwah, saat dikonfirmasi sejumlah meda.

Uzwah menyebut, selama membuka stand pihaknya sudah mendapatkan pesanan sebanyak dua puluh ekor kambing kurban sampai saat ini . Ia mengatakan, untuk harga kambing menjelang Hari Raya Idul Adha di Sumenep, berkisar antara 2.500.000 hingga 4.700.000, tergantung jenis dan ukurannya.

Sementara untuk tahun sebelumnya, harga kambing di pasaran yakni hanya sekitar 1.700.000 sampai  3.000.000, untuk jenis kambing kacang.  Kendati demikian, dirinya mengaku tidak dapat memastikan penyebab dari kenaikan harga kambing kurban tersebut.

Ia menduga adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang sempat melanda hewan ternak beberapa waktu lalu, menjadi penyebab anjloknya harga hewan kurban di tahun sebelumnya. Menurutnya, sejauh ini kambing yang banyak dicari oleh masyarakat adalah jenis kacang. Hal itu dikarenakan dagingnya yang dinilai lebih tebal dan enak dibandingkan jenis lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.