Kurban Terjangkit PMK atau LDS DKPP Sumenep Sebut Belum Ada Temuan Hewan

by

NadaFM, Sumenep — Menjelang Iduladha 1444 Hijriyah, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, meningkatkan pengecekan terhadap hewan kurban yang dijual di pasar dan lapak-lapak musiman.

Dua penyakit yang menjadi fokus pengecekan adalah penyakit mulut dan kuku (PMK) serta Lumpy Skin Disease (LSD), yang merupakan penyakit menular pada hewan ternak.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Sumenep, drh. Zulfa menyatakan bahwa hingga saat ini belum ada laporan atau temuan mengenai hewan kurban yang terjangkit kedua penyakit tersebut.

Pengecekan kesehatan hewan kurban yang dilakukan oleh DKPP Sumenep ini untuk memberikan kepastian masyarakat bahwa hewan kurban yang tersedia di pasar dan lapak-lapak musiman telah melewati pengawasan yang ketat.

Dengan begitu diharapkan dapat memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat yang akan membeli dan menyembelih hewan kurban di saat Iduladha. Tidak hanya di lingkungan Kecamatan Kota, pemeriksaan juga dilakukan di kecamatan-kecamatan, termasuk di wilayah kepulauan, oleh petugas yang bertugas di masing-masing kecamatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.