KPU Temukan Bacaleg di Sumenep Nyalon di Dua Partai

by

NadaFM, Sumenep — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Jawa Timur menemukan satu nama bakal calon legislatif (Bacaleg) yang akan maju di Pemilu 2024 untuk DPRD Kabupaten terdaftar di dua Partai Politik yang berbeda. Hal itu terungkap dari hasil verifikasi administrasi (Vermin) yang dilakukan KPU terhadap 653 Bacaleg yang didaftarkan 15 dari 18 Parpol peserta Pemilu di Sumenep.

Komisioner Divisi Tekhnis KPU Sumenep Deky Prasetya Utama meyebut, sejak 15 Mei 2023 kemarin, Tim Verifikator KPU melakukan vermin dan klarifikasi terhadap berkas persyaratan Bacaleg. Ada beberapa temuan, diantaranya soal adanya Bacaleg yang mendaftar di dua Partai.

KPU telah melakukan klarifikasi terhadap dua Parpol yang mengusung satu nama Bacaleg yang sama tersebut. Namun, Deky enggan menyebutkan nama Bacaleg dan Parpolnya.

Menurutnya, dari hasil vermin dan klarifikasi tersebut, KPU menyatakan belum memenuhi syarat sehingga Parpol bisa melakukan perbaikan dengan ketentuan Bacaleg mendaftar pada satu Parpol saja.

Selain menemukan satu Bacaleg terdaftar di dua Parpol berbeda, tambah Decky, Tim Verifikator KPU juga menemukan 40 dokumen administrasi persyaratan Bacaleg yang dinilai janggal diantanya legalisir foto copy ijazah, surat keterangan Polisi, Kesehatan dan Pengadilan. KPU juga melakukan klarifikasi kepada lembaga terkait untuk memastikan keabsahannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.