334 PPS di Sumenep Rekap DPSHP Akhir di Hari Lahir Pancasila

by

NadaFM, Sumenep — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Jawa Timur melakukan penyusunan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) Akhir untuk Pemilu 2024 di tingkat Desa melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) secara serentak, Kamis. Rekapitulasi serentak itu bersamaan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023.

Komisioner KPU Sumenep Divisi Perencanaan dan Data Syaifurrahman menyampaikan, sebelumnya KPU melalui PPS telah mengumumkan DPSHP berbasis wilayah tempat pemungutan suara (TPS) di Desa-Desa untuk meminta masukan dan tanggapan masyarakat sebagaimana proses DPS lalu. Hal itu dilakukan untuk memastikan data pemilih benar-benar valid dengan mencermati kegandaan, pemilih meninggal dunia, pindah domisi, dan tidak memenuhi syarat.

Hasil pencermatan itu kemudian dilakukan rekapitulasi secara serentak ditingkat PPS dengan melibatkan Pengawas Desa dan seluruh stake holder di Desa. Untuk selanjutnya rekapitasi ditingkat kecamatan antara 3 hingga 5 Juni 2023.

Adapun DPSHP Pemilu 2024 di Sumenep sesuai hasil rapat pleno KPU 878.496 pemilih. Data tersebur berkurang 5.732 dari DPS yang ditetapkan sebelumnya sebanyak 884.224 pemilih.

Sesuai tahapan dan jadwal Pemilu, Hari H Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten pada 14 Februari 2024. Sedangkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 27 November 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.