2024, Pemilih Perempuan Lebih Banyak dari Laki-Laki

by

NadaFM, Sumenep — Setelah melalui proses panjang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Jawa Timur akhirnya menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2024. Penetapan DPT itu diputuskan dalam rapat pleno KPU yang dihadiri Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan perwakilan Partai Politik.

Jumlah DPT sesuai yang ditetapkan KPU sebanyak 877.135 pemilih tersebar di 3863 tempat pemungutan suara (TPS). Rinciannya, 462.795 pemilih perempuan dan 414.340 pemilih laki-laki. Pemilih dari kaum hawa di Sumenep lebih banyak 48.455 dari pemilih laki-laki.

Ketua KPU Sumenep Rahbini menyampaikan, penetapan DPT ini merupakan proses akhir dari jumlah pemilih yang punya hak suara pada Pemilu Februari 2024 mendatang. Namun, bukan berarti DPT tidak bisa berubah.

Menurutnya, jika setelah DPT ditetapkan masih ada masyarakat yang masih belum terdaftar, maka nanti akan dimasukkan pada DPT tambahan. DPT tambahannya syarat ada KTP elektronik.

Sesuai Peraturan KPU tentang tahapan dan jadwal pelaksanaan Pemilu 2024, hari H pemungutan dan penghitungan suara untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota 14 Februari. Sedangkan Pemilihan Kepala Daerah serentak yaitu 27 November

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.